Sabtu, 09 Februari 2013

Isi Waktu Luang Dengan Berbuat !



Isi   Waktu   Luang   Dengan   Berbuat !

            Orang-orang yang banyak menganggur dalam hidup ini, biasanya akan menjadi penebar isu dan desas desus yang tak bermanfaat. Itu karena akal pikiran mereka  selalu   melayangdayang  tak   tahu   arah.  Dan,

 {Mereka rela berada bersama orang-orang yang tidak pergi berperang.}
                                                                                                             (QS. At-Taubah: 87)

             Saat    paling   berbahaya      bagi   akal   adalah    manakala      pemiliknya menganggur dan tak berbuat apa-apa. Orang seperti itu,  ibarat mobil yang berjalan dengan kecepatan tinggi tanpa  sopir,  akan mudah oleng ke  kanan dan  ke   kiri.
            Bila pada suatu hari Anda mendapatkan diri Anda menganggur tanpa kegiatan,   bersiaplah   untuk   bersedih,   gundah,   dan   cemas !   Sebab,   dalam  keadaan   kosong   itulah   pikiran   Anda   akan   menerawang   ke   mana-mana; mulai   dari   mengingat   kegelapan   masa  lalu,   menyesali   kesialan   masa   kini,  hingga mencemaskan kelamnya masa depan yang belum tentu Anda alami. Dan itu, membuat akal pikiran Anda tak terkendali dan mudah lepas kontrol. Maka   dari   itu,   saya   nasehatkan   kepada   Anda   dan   diriku   sendiri   bahwa  mengerjakan   amalan-amalan   yang  bermanfaat   adalah   lebih   baik   daripadaterlarut   dalam   kekosongan yang  membinasakan.   Singkatnya,   membiarkan diri   dalam   kekosongan   itu   sama   halnya   dengan   bunuh   diri   dan   merusak tubuh   dengan   narkoba.
            Waktu kosong itu tak ubahnya dengan siksaan halus ala penjara Cina; meletakkan si narapidana di bawah pipa air yang hanya dapat meneteskan air   satu  tetes   setiap   menit    selama   bertahun-tahun .       Dan    dalam    masa penantian   yang  panjang  itulah,  biasanya  seorang  napi  akan  menjadi  stres dan   gila.
            Berhenti   dari   kesibukan   itu   kelengahan,   dan   waktu   kosong   adalah pencuri yang culas. Adapun akal Anda,  tak lain merupakan mangsa empuk yang siap dicabik-cabik oleh ganasnya terkaman kedua hal tadi; kelengahan dan si "pencuri".
            Karena   itu   bangkitlah     sekarang   juga.   Kerjakan   shalat,   baca   buku, bertasbih, mengkaji, menulis, merapikan meja kerja, merapikan kamar, atau berbuatlah      sesuatu    yang    bermanfaat     bagi   orang    lain  untuk    mengusir kekosongan   itu !   Ini,   karena   aku     ingin   mengingatkan   Anda   agar   tidak berhenti  sejenak   pun   dari melakukan   sesuatu   yang bermanfaat.
            Bunuhlah   setiap   waktu   kosong   dengan   'pisau'   kesibukan !   Dengan cara   itu,   dokter-dokter   dunia   akan   berani   menjamin   bahwa  Anda   telah mencapai 50% dari kebahagiaan. Lihatlah para petani, nelayan, dan para kuli  bangunan !   Mereka  dengan  ceria  mendendangkan   lagu-lagu   seperti burung-burung   di   alam   bebas.   Mereka   tidak   seperti  Anda  yang   tidur   di atas    ranjang     empuk,       tetapi   selalu   gelisah    dan   menyeka      air  mata kesedihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar